Cara Jitu Membuat Surat Lamaran Pekerjaan yang Mengundang Panggilan Wawancara

Pelajari cara membuat surat lamaran kerja yang profesional dan menarik perhatian perekrut. Temukan tips dan contoh yang lengkap untuk melamar pekerjaan yang Anda inginkan.
Cara Jitu Membuat Surat Lamaran Pekerjaan yang Mengundang Panggilan Wawancara

Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan yang Efektif dan Profesional

Saat Anda melamar pekerjaan, surat lamaran adalah salah satu dokumen terpenting yang harus Anda persiapkan. Surat lamaran yang baik dapat membantu Anda untuk menarik perhatian perusahaan dan mendapatkan kesempatan untuk wawancara. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat surat lamaran pekerjaan yang efektif dan profesional:

1. Gunakan Format yang Tepat

Format surat lamaran yang umum digunakan adalah sebagai berikut:

  • Tanggal
  • Alamat perusahaan
  • Nama posisi yang dilamar
  • Nama Anda
  • Alamat Anda
  • Nomor telepon Anda
  • Alamat email Anda
  • Salam pembuka
  • Isi surat
  • Salam penutup
  • Tanda tangan

Gunakan font yang mudah dibaca, seperti Arial atau Times New Roman, dengan ukuran 12 point. Gunakan margin yang cukup di setiap sisi surat.

2. Tulis Salam Pembuka yang Profesional

Salam pembuka surat lamaran harus bersifat profesional dan sopan. Hindari menggunakan sapaan yang terlalu informal, seperti "Hai" atau "Halo". Gunakan sapaan yang lebih formal, seperti "Yang terhormat Bapak/Ibu [nama perusahaan]."

3. Jelaskan Kualifikasi Anda Secara Singkat

Di bagian isi surat, jelaskan secara singkat kualifikasi Anda yang sesuai dengan posisi yang Anda lamar. Jelaskan pengalaman kerja Anda, pendidikan Anda, dan keterampilan Anda yang relevan. Gunakan bahasa yang jelas dan ringkas, dan hindari menggunakan jargon atau bahasa teknis yang tidak umum.

4. Tunjukkan Minat Anda terhadap Perusahaan

Di bagian isi surat, tunjukkan juga minat Anda terhadap perusahaan. Jelaskan mengapa Anda tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut, dan apa yang Anda harapkan dari perusahaan tersebut. Ini akan menunjukkan bahwa Anda telah melakukan riset tentang perusahaan tersebut dan bahwa Anda benar-benar tertarik untuk bekerja di sana.

5. Tutup Surat dengan Salam Penutup yang Profesional

Tutup surat lamaran dengan salam penutup yang profesional dan sopan. Gunakan salam penutup yang lebih formal, seperti "Hormat saya," atau "Salam hormat saya." Hindari menggunakan salam penutup yang terlalu informal, seperti "Salam," atau "Terima kasih."

6. Periksa Ulang Surat Lamaran Anda Sebelum Dikirim

Sebelum Anda mengirim surat lamaran, periksa ulang surat lamaran Anda untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahan tata bahasa, kesalahan pengejaan, atau kesalahan format. Pastikan juga bahwa Anda telah mencantumkan semua informasi yang diperlukan, seperti nama Anda, alamat Anda, nomor telepon Anda, dan alamat email Anda.

7. Kirim Surat Lamaran Anda Melalui Email

Saat ini, sebagian besar perusahaan menerima surat lamaran melalui email. Pastikan Anda menggunakan alamat email yang profesional dan sopan, dan bahwa Anda telah melampirkan surat lamaran Anda dalam format PDF atau Word.

8. Tindak Lanjuti Lamaran Anda

Setelah Anda mengirim surat lamaran, tindak lanjuti lamaran Anda dengan menelepon perusahaan atau mengirim email ke perusahaan. Ini akan menunjukkan bahwa Anda benar-benar tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut dan bahwa Anda serius dengan lamaran Anda.

9. Tetap Bersikap Positif

Setelah Anda mengirim surat lamaran, tetaplah bersikap positif. Jangan berkecil hati jika Anda tidak langsung mendapatkan panggilan wawancara. Teruslah melamar pekerjaan di perusahaan lain dan jangan menyerah.

10. Gunakan Jasa Profesional Jika Diperlukan

Jika Anda merasa kesulitan dalam membuat surat lamaran, Anda dapat menggunakan jasa profesional untuk membantu Anda. Ada banyak perusahaan yang menawarkan jasa penulisan surat lamaran, dan mereka dapat membantu Anda untuk membuat surat lamaran yang efektif dan profesional.